Judul: PRODUK LIMITED EDITION DALAM PERSPEKTIF ISLAM
Penulis:
Toni Hidayat, SE, M.Si.
Yuni Shara, SE, M.Si.
Abdul Malik, S.Sos, M.AP.
Tukimin, SE, MM.
vii + 67 hlm; 15,4 x 23 cm
Produk berlabel Limited edition (edisi terbatas) sengaja diiklankan secara terbatas karena jumlah salinan juga tergolong kecil. Limited edition juga bisa dipahami sebagai sebuah strategi bisnis. Konsep limited edition setidaknya bisa memiliki tiga fungsi, yaitu sebagai media berpromosi, produk limited edition bisa difungsikan sebagai alat untuk meningkatkan loyalitas konsumen, dan produk limited edition juga bisa dipakai sebagai media tes pasar.
Dalam berbisnis, limited edition seringkali digunakan sebagai strategi untuk meningkatkan branding. Dalam perspektif Islam, idealnya setiap amal, produk, dan program itu berkualitas pada saat kuantitasnya banyak. Tetapi, dalam banyak kondisi, pilihannya tidak ideal. Pilihannya antara produk yang berkualitas, tetapi jumlahnya terbatas atau produk dengan jumlah besar, tetapi tanpa kualitas. Menurut Islam, setiap produk, amal, dan karya yang berkualitas dan bermutu, walaupun jumlahnya sedikit lebih utama dan diprioritaskan daripada sekadar amal yang berjumlah besar, tetapi lemah atau tanpa kualitas sama sekali. Standar prioritas ini menjadi pesan Allah SWT sebagaimana yang ditegaskan dalam Alquran, hadis, dan sirah Sahabat dan tabiin. Ayat-ayat tersebut menjadi dalil tentang standar kualitas sebelum kuantitas. Menjadi dalil, jika ada dua pilihan; antara produk yang berkualitas tapi jumlahnya terbatas dengan produk dengan jumlah besar tetapi tanpa kualitas maka yang menjadi pilihan adalah produk berkualitas walaupun dengan jumlah terbatas.