Judul Buku: Bahan Ajar Matematika SD Berbasis TPACK
Dra. Sukmawarti, M.Pd.
Siti Khayroiyah, S.Pd., M.Pd.
Lia Afriyanti Nasution, S.Pd., M.Pd.
Drs. Hidayat, M.Ed.
Copyrigh@2024
vi + 77 hlm, 15,5 x 23 cm
Sinopsis:
Dalam menghadapi perubahan dunia pendidikan yang terus berkembang, penggunaan TPACK dalam pembelajaran matematika merupakan langkah yang penting untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Dengan memanfaatkan kelebihan-kelebihan TPACK, diharapkan siswa akan mengembangkan pemahaman dan keterampilan matematika yang kokoh, serta dapat bersaing dalam dunia digital yang dinamis.
TPACK merupakan kerangka pengintegrasian teknologi ke dalam proses pembelajaran yang melibatkan paket-paket pengatahuan tentang teknologi, materi, dan proses atau strategi pembelajaran. Konsep TPACK ini melibatkan domain pengetahuan yang saling beririsan di antaranya, dan membentuk sintesa baru, yaitu pengetahuan materi, pengetahuan pedagogis, pengetahuan teknologi, pengetahuan pedagogi, pengetahuan teknologi, serta pengetahuan tentang teknologi dan pedagogi.
Penggunaan bahan ajar matematika yang dikembangkan berbasis TPACK diketahui dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir kritis dan kreatif, memecahkan masalah, serta melatih siswa berkomunikasi dan kolaborasi. Oleh karena itu bahan ajar matematika SD yang dikembangkan berbasis TPACK dapat diimplementasikan dalam pembelajaran.