Informasi Terkini New

STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF

STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF

Judul              : STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF

Penulis         : Dr. Leni Handayani, S.P., M.Si., Nomi Noviani, S.P., M.P. Sri Wahyuni, S.Si., M.Si.

Halaman       : 69 lbr.

 

Usaha Mikro, kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peranan penting dalam perkeonomian lokal daerah, khususnya dalam menggerakkan aktivitas ekonomi regional dan penyediaan lapangan kerja. Dalam rangka implementasi, perencanaan, pemberdayaan, dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Pengembangan ekonomi kreatif mampu menciptakan daya saing baru bagi pelaku UMKM. Produk ekonomi kreatif lebih menonjolkan pada gagasan atau ide kreatif yang mempunyai ciri khas khusus/unik, baik berkaitan dengan produksi maupun pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) perlu diselenggarakan secara menyeluruh.

Dalam buku monograf ini menjelaskan bagaimana model strategi pengembangan UMKM kreatif guna membantu pemerintah mengetaskan dalam kemiskinan. Strategi pengembangan yang tepat pada usaha kerajinan tangan hasil penelitian ini yaitu menggunakan strategi SO (Strength- Opportunities), dimana strategi ini digunakan untuk memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada untuk meminimalkan kelemahan dan ancaman dengan mengandalkan keunggulan produk dan memperluas jaringan pasar di luar daerah. Model pengembangan ekonomi kreatif pada industri kerajinan dapat dikembangkan berupa bangunan yang terdiri dari : pondasi, 5 pilar utama , dan atap yang saling menguatkan sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Distributor                 :  Gerai Inovasi UMN Al Washliyah
Link Pemasaran       : Tokopedia